Program Doktor Ekonomi, Universitas Diponegoro, Ujian promosi doktor atas nama Septian Wahyudi dengan judul “BIG- Impact Innovation, Pentingkah Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Industri Startup Di Indonesia?”. (08/12/2022).

Dalam disertasi yang ditulis oleh Promovendus bertujuan untuk memecahkan permasalahan kesenjangan penelitian antara kemitraan dan kinerja pemasaran, dengan mengembangkan model konseptual baru yang akan diuji secara empirik, yaitu big impact innovation yang berperan sebagai mediasi untuk mengatasi kesenjangan penelitian antara kemitraan dan kinerja pemasaran terutama pada industry startup digital di Indonesia, melalui sudut pandang teori inovasi. Konsep baru ini berpeluang memberikan kontribusi pada ilmu manajemen pemasaran dan dapat berkontribusi bagi pelaku industry starup digital.

Temuan penelitian berdasarkan pengujian hipotesis pertama bahwa kemitraan dapat meningkatkan big impact innovation. Peran kemitraan dapat menjadi katalisator penciptaan dan penyebaran produk dan layanan baru bagi perusahaan, tentu saja hal ini dilakukan dengan kerjasama perusahaan dalam proses R&D tentu hal ini dapat membawa pengaruh terhadap penciptaan produk baru, karena inovasi merupakan upaya perusahaan yang intens melalui R&D secara bersama. Pengujian hipotesis kedua bahwa big impact innovation dapat meningkatkan isolated marketing strategy move. Hal ini mendukung bahwa big impact innovation dapat menjadi pengungkit terciptanya banyak strategy baru dalam pemasaran, terutama pemasaran pada media digital. Inovasi bukan sebatas pada peningkatkan kinerja pemasaran, tetapi mampu meningkatkan berbagai langkah untuk menarik pelanggan dengan berbagai kegiatan pemasaran. pengujian hipotesis ketiga terbukti bahwa big impact innovation dapat meningkatkan competitive maneuver ability. Hal ini dapat dilihat bahwa, inovasi tidak hanya mendorong kemampuan untuk menarik pelanggan dengan berbagai kegiatan promosi tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan merespon kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan cepat, hal ini disebabkan karena pelanggan dan pasar membutuhkan kecepatan untuk memenuhi kebutuhannya. Pengujian hipotesis keempat yaitu Big impact innovation merupakan anteseden variable marketing performance yang memiliki pengaruh positif. Pengujian hipotesis kelima yaitu Isolated marketing strategy move berpengaruh positif terhadap marketing performance. Pengujian hipotesis keenam yaitu Competitive maneuver ability berpengaruh positif terhadap marketing performance.

Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menegaskan bahwa kemitraan merupakan anteseden yang penting bagi perusahaan untuk menciptakan, menyebarkan dan mengembangkan inovasi yang pada akhirnya meningkatkan kinerja pemasaran, karena didalam kemitraan terdapat rutinitas R&D yang merupakan kegiatan menyeimbangkan dan mengkombinasikan sumber daya internal (technology push) dan faktor eksternal seperti kemitraan (market pull) menjadi salah satu aktivitas untuk meningkatkan dampak inovasi.

Komite Ujian terdiri dari Prof. Anis Chariri, SE, MCom, PhD, Ak (Ketua Penguji, Supervisor utama), Prof.Drs. Agusty Tae Ferdinand, MBA, DBA (Sekretaris Penguji, Supervisor), I Made Sukresna, S.E., M.Si., Ph.D (Penguji, Co-Supervisor), Prof. Dr. Gita Sugiyarti MSi (Penguji Eksternal), Dr. Harry Soesanto, M.Kes (Penguji) dan Dra. Amie Kusumawardhani, M.Sc., Ph.D (Penguji).

Ujian berlangsung selama dua jam dan promovenda mampu mempertahankan disertasinya sehingga dinyatakan lulus oleh Komite Ujian dan berhak menyandang gelar Doktor.

Program Doktor Ekonomi mengucapkan Selamat dan Semoga sukses dalam berkarya.