(024) 8452269 / WhatsApp 081393355367 admisipdie@live.undip.ac.id

Profil

Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Diponegoro (PDIE UNDIP) adalah program doktoral di bidang ekonomi/manajemen/akuntansi yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu berperan aktif dalam merumuskan dan menyelesaikan permasalahan ekonomi/ manajemen/akuntansi dengan kajian teoritis dan empiris melalui pengembangan penelitian berbasis pendekatan interdisiplin, transdisiplin atau multidisiplin untuk menghasilkan karya yang kreatif, inovatif, dan orisinal yang mendapat pengakuan nasional/internasional.

PDIE UNDIP menawarkan dua model Pendidikan yaitu Doctor by Course work  dan Doctor by Research (full research) dengan tiga konsentrasi utama yaitu: ekonomi, manajemen, dan akuntansi.

Penilaian keberhasilan belajar kandidat dilakukan berdasarkan kredit kumulatif dan IPK yang dihasilkan dari kegiatan perkuliahan dan proyek penelitian disertasi. Untuk menyelesaikan studi, kandidat diwajibkan untuk:

  1. mengikuti Kegiatan perkuliahan Wajib sesuai dengan konsentrasi utama masing-masing (lihat struktur kurikulum)
  2. melakukan serangkaian kegiatan penelitian untuk menghasilkan disertasi yang dinilai melalui serangkaian kegiatan ujian (kolokium, prelim, proposal, seminar hasil penelitian, kelayakan/tertutup, dan promosi) dengan kriteria yang ditentukan oleh PDIE UNDIP.
  3. Mempresentasikan minimal satu makalah pada konferensi internasional atau menerbitkan satu artikel pada jurnal terakreditasi (minimal Sinta 3) dan menerbitkan setidaknya satu arrtikel (untuk Doctor by course) atau dua artikel (untuk Doctor by Research) pada jurnal internasional (terindex Scopus atau Web od Science).
  4. Setelah menyelesaikan disertasi, kandidat melakukan ujian promosi dengan tiga penguji, dua penguji internal dari Universitas Diponegoro (bukan Promotor dan Co-promotr), dan satu penguji eksternal (dari Universitas lain di Indonesia atau universitas luar negeri). Setelah mampu mempertahankan disertasi, Dewan penguji merekomendasikan pemberian gelar Doktor Ilmu Ekonomi