(024) 8452269 / WhatsApp 081393355367 admisipdie@live.undip.ac.id

Beasiswa

Beberapa beasiswa baik internal maupun eksternal tersedia bagi mereka yang ingin mengambil Program Doktor Ilmu Ekonomi di Universitas Diponegoro. Beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa PhD dapat mencakup:

Dana Abadi Pendidikan Indonesia, disingkat LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), adalah beasiswa full-ride dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk seluruh warga negara Indonesia. LPDP memiliki visi menjadi lembaga pengelola dana daerah terbaik untuk mempersiapkan pemimpin masa depan dan mendorong inovasi untuk Indonesia yang sejahtera, demokratis dan adil. Program layanan LPDP terdiri dari beasiswa, pendanaan penelitian, dan pengelolaan dana (investasi). Beasiswa ini dapat diakses di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/Beasiswa2021.
Beasiswa Unggulan Kemendikbud memberikan kesempatan bagi mereka yang berprestasi atau memiliki bakat khusus untuk mengambil studi sarjana, pascasarjana, dan doktoral tetapi mengalami kesulitan dalam membiayai pendidikannya. Beasiswa ini merupakan dukungan dan upaya pemerintah dalam mengurangi kesenjangan tingkat pendidikan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah menyediakan tiga jenis Beasiswa, yaitu:
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi (Beasiswa bagi mereka yang memiliki bakat khusus atau prestasi luar biasa)
Beasiswa Unggulan 3T: Terluar, Tertinggal, Terdepan (Beasiswa untuk yang tinggal di daerah terdepan, terluar dan tertinggal)
Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud (beasiswa bagi yang bekerja di unit-unit di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) Beasiswa ini dapat diakses pada tautan berikut: https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/
Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor Sarjana Unggulan (PMDSU). Beasiswa PMDSU diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Telah ditawarkan sejak 2013, dan kini telah mencapai Batch VI. Undip merupakan salah satu universitas mitra untuk beasiswa ini. Beasiswa ini ditawarkan setiap tahun dan dapat diakses di https://www.pmdsu.com/ . Beasiswa PMDSU juga diselenggarakan oleh internal Universitas Diponegoro, dengan skema yang hampir sama.
Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang, yang lebih dikenal dengan Beasiswa KNB, adalah program beasiswa bergengsi yang ditawarkan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada pelamar terpilih yang berasal dari negara berkembang. Dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, beasiswa tersebut telah disalurkan sejak 2008 kepada 1.290 penerima dari 94 negara. Ada 23 perguruan tinggi yang menjadi mitra beasiswa ini, salah satunya Universitas Diponegoro. Informasi lengkap beasiswa ini dapat diakses di: http://knb.kemdikbud.go.id/
Harap dicatat bahwa informasi tentang perubahan beasiswa sewaktu-waktu dan siswa harus memeriksa langsung ke kantor pemerintah yang bertanggung jawab atas program untuk mendapatkan informasi terbaru