Program Doktor Ekonomi, Universitas Diponegoro, pada tanggal 19 Maret 2024 jam 16.00 menyelenggarakan ujian promosi doktor atas nama Asri Santosa, guna mempertahankan disertasinya yang berjudul “Safety Based Dynamic Uncertainty Reduction Sebagai Katalissator Kinerja Keselamatan Penerbangan Bandara Internasional di Indonesia”.

Penelitian Disertasi Asri Santosa berhasil mengembangkan konsep baru safety  based  dynamic uncertainty  reduction. Hasil penelitian menunjukkan kinerja keselamatan dapat ditingkatkan dengan menghadirkan safety based dynamic uncertainty reduction dengan mengurangi ketidakpastian secara dinamis untuk keselamatan kerja. Konsep ini merupakan perilaku individu dengan mengimprovisasi rutinitas operasional secara dinamis guna meningkatkan kinerja keselamatan pada lingkungan yang ditandai dengan adanya perubahan dan ketidakpastian yang sangat tinggi. Konsep baru ini memediasi safety leadership terhadap kinerja keselamatan. Kemudian, secara teoritis penelitian ini menunjukkan bahwa Safety leadership adalah model yang tepat untuk diimplementasikan dalam organisasi, yang menggabungkan kepemimpinan yang mendukung keselamatan dengan kebijakan keselamatan yang holistic. Impikasi teoritisnya adalah bahwa pemimpin keselamatan harus memimpin dengan contoh, memastikan peraturan dan regulasi terpenuhi, memfasilitasi dan memotivasi karyawan untuk aktif dalam keselamatan, serta memastikan kultur keselamatan terintegrasi ke dalam budaya perusahaan secara keseluruhan.

Komite Ujian terdiri dari Prof. Faisal, SE., M.Si., Ph.D (Ketua Sidang Ujian/Penguji), Prof. Dr. Suharnomo, SE., M.Si (Sekretaris Penguji, Supervisor), Prof. Olivia Fachrunnisa, S.E., M.Si., Ph.D (Penguji Eksternal) Dr. Mahfudz, S.E., M.T (Penguji), Dr. Edy Raharja, S.E., M.Si (penguji) dan Mirwan Surya Perdhana, S.E., M.M., Ph.D (penguji, co-Supervisor). Ujian berlangsung selama dua jam dan promovendus mampu mempertahankan disertasinya sehingga dinyatakan lulus oleh Komite Ujian dan berhak menyandang gelar Doktor. Selamat dan Semoga sukses dalam berkarya.