Program Doktor Ekonomi, Universitas Diponegoro, pada tanggal 12 Juni 2023 jam 13.00 menyelenggarakan ujian promosi doktor atas nama Nurul Komaryatin guna mempertahankan disertasinya yang berjudul “Membangun Kinerja Pemasaran Melalui New Product Innovation Agility”.

Penelitian Disertasi Nurul Komaryatin bertujuan untuk membangun sebuah model empirik dengan pendekatan teoritis yang relevan untuk mengatasi kesenjangan penelitian antara peran Market Sensing Capability dalam meningkatkan Marketing Performance. Dalam model riset yang dibangun, variabel pemediasi yang digunakan adalah konsep baru New Product Innovation Capability.

Hasil penelitian secara empirik menunjukan ketangkasan inovasi produk baru yang dimiliki perusahaan terbukti menjadi mediasi kuat antara variabel kemampuan penginderaan pasar dan kinerja pemasaran yang masih inkonklusif. Ketangkasan inovasi produk baru dengan menekankan kualitas mebel yang tinggi dan desain estetis meningkatkan kinerja pemasaran. Apabila kemampuan penginderaan pasar mengalami perubahan kenaikan, maka akan meningkatkan new product innovation agility, yang selanjutnya meningkatkan kinerja pemasaran. Konsep penelitian ini merujuk premis ke tujuh berkaitan sumber daya perusahaan dengan memaksimalkan sumber daya yang memiliki keunggulan kompetitif berupa keahlian, kemampuan menciptakan dan mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan, kemampuan memproduksi berang berkualitas tinggi, efisiensi, kecepatan serta fleksibilitas desain berkekuatan dari sumber daya dimiliki perusahaan .

Kemampuan mengindera pasar eksport dalam penelitian ini menggunakan indikator memanfaatkan informasi pasar, informasi strategis pelanggan, mampu mengantisipasi tindakan perusahaan sejenis, merasakan perubahan permintaan dan kebutuhan pasar, mampu mengidentifikasi dan memahami trend pasar, responsif serta mampu memberikan produk yang memuaskan pelanggan. Indikator tersebut mempunyai hubungan positif dengan indikator dari variabel lain. Hal ini menunjukkan konstruk indikator dalam variabel kemampuan mengindera pasar eksport mempunyai korelasi positif, sehingga variabel dan indikator merefleksikan teori RA.

Hasil temuan penelitian digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki kondisi sumber daya yang dimiliki, oleh karena itu perusahaan harus mampu menghasilkan produk unggul. Dalam hal ini, perusahaan juga perlu memperhatikan aspek lain seperti pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan penggunaan teknologi yang tepat untuk mendukung ketangkasan inovasi produk.

Komite Ujian terdiri dari Prof. Anis Chariri, SE., Mcom. Ph.D, Ak, CA, CfrA  (Ketua Sidang Ujian/Penguji), Prof. Dr. Dra. Naili Farida, M.Si  (Sekretaris Penguji, Supervisor), Prof. Vincent Didek Wiet Aryanto, MBA, Ph.D  (Penguji Eksternal), I Made Sukresna, SE., M.Si., Ph.D (Penguji), Dr. Farida Indriani, S.E., M.M   (Penguji) dan Dr. Harry Soesanto, M.Kes (penguji, co- Supervisor). Ujian berlangsung selama dua jam dan promovendus mampu mempertahankan disertasinya sehingga dinyatakan lulus oleh Komite Ujian dan berhak menyandang gelar Doktor. Selamat dan Semoga sukses dalam berkarya.