Program Doktor Ekonomi, Universitas Diponegoro, pada tanggal 20 Februari 2023 jam 09.30 menyelenggarakan ujian promosi doktor atas Elisabeth Rotua Simamora guna mempertahankan disertasinya yang berjudul “Membangun Ambientic Interaction Quality dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Penjualan”.

Dalam penelitian Promovendus menjelaskan bahwa Pasar yang semakin kompetitif mengubah transaksi berbasis transaksional menjadi transaksi berbasis relasional. Sehingga membangun relasional melalui hubungan interaksi yang berkelanjutan dapat mengoptimalkan kinerja tenaga penjualan. Penelitian ini meneliti kesenjangan antara kapabilitas relasional terhadap kinerja tenaga penjualan dengan mengeksplorasi model konseptual baru kualitas interaksi ambientik. Model konseptual baru ini diturunkan dari teori interaksi/Interaction theory dan teori Service Dominant Logic.

Pengumpulan data dilakukan secara empiric kepada 240 tenaga penjulan pada perusahaan farmasi yang ada di Indonesia. Model dalam penelitian ini terdiri dari delapan variabel dengan 29 indikator. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya peran variabel kapabilitas relasional, kualitas interaksi ambientik, pengalaman tenaga penjual, aksentuasi nilai penjualan, dan efektifitas transmisi nilai untuk meningkatkan kinerja tenaga penjualan.

Dalam menguji hipotesis data, Program yang digunakan SPSS dan model persamaan structural (structural Equation Model) SEM AMOS 22. Pengujian peran mediasi yakni konstruk kualitas interaksi ambientik dilakukan untuk menyelesaikan kesenjangan penelitian ini yang menjadi tujuan utama penelitian ini dengan menggunakan metode casual step Baron and Kenny (1986). Hasil pengujian menunjukkan kualitas interaksi ambientik berperan menjembatani gap antara kapabilitas relasional terhadap kinerja tenaga penjualan. Semakin tinggi kualitas interaksi seorang tenaga penjual maka semakin meningkatkan kinerja tenaga penjual tersebut.

Pembuktian secara statistic ini menguatkan peran konstruk kualitas interaksi ambientik mampu menjembatani gap dari dua variabel juga dapat dikembangkan melalui konsep-konsep manajemen pemasaran, Sehingga studi ini dapat memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun manajerial.

Komite Ujian terdiri dari Prof. Anis Chariri, SE, MCom, PhD, Ak  (Ketua Penguji, Supervisor utama), Prof. Drs. Agusty Tae Ferdinand, MBA. DBA (Sekretaris Penguji, Supervisor), Dr. Ahmad Ihwan Setiawan, SE., MT (Penguji Eksternal), I Made Sukresna, SE, M.Si., Ph.D (Penguji), Dra. Amie Kusumawardhani, M.Sc., Ph.D (Penguji) dan Dr. Farida Indriani, SE.M.M (penguji, co- Supervisor). Ujian berlangsung selama dua jam dan promovendus mampu mempertahankan disertasinya sehingga dinyatakan lulus oleh Komite Ujian dan berhak menyandang gelar Doktor. Selamat dan Semoga sukses dalam berkarya.