(024) 8452269 / WhatsApp 081393355367 admisipdie@live.undip.ac.id

Program Doktor Ekonomi, Universitas Diponegoro, Ujian promosi doktor atas nama Indah Anisykurlillah dengan judul “Model S.C.C.O.R.E. dalam Penyalahgunaan Aset : Integritas Pegawai Sebagai Variabel Moderasi”. (07/10/2022).

Dalam disertasi yang ditulis oleh Promovenda bertujuan untuk mengetahui pengaruh stimulus, capability, collusion, opportunity, rationalization dan ego pegawai terhadap penyalahgunaan aset serta menginvestigasi peran moderasi dari integritas pegawai di Perguruan Tinggi Negeri. Dimana peneliti menemukan bahwa collusion dan rationalization berpengaruh positif signifikan terhadap penyalahgunaan aset, sedangkan stimulus, capability, opportunity dan ego tidak berpengaruh. Moderasi integritas pegawai tidak terbukti memiliki efek signifikan memperlemah pengaruh determinan model S.C.C.O.R.E. terhadap penyalahgunaan aset.

Implikasi dari perspektif teori memberikan gambaran bahwa perilaku penyalahgunaan aset lebih bersifat dispositional attribution yang ditunjukkan peran variabel collusion dan rationalization terhadap penyalahgunaan aset. Konsekuensi praktis penelitian ini memberikan perhatian serius kepada pimpinan perguruan tinggi untuk tidak saja membentuk tata kelola dan mekanisme pengendalian internal yang efektif namun menciptakan kebijakan dan aturan tentang pembentukan nilai profesional dan integritas secara aplikatif.

Promovenda berharap bahwa penelitianya dapat memberikan kontribusi teoritis berupa identifikasi atribut intrinsik dan ekstrinsik dari perilaku penyalahgunaan aset serta kebijakan praktis bagi pencegahan penyalahgunaan aset di perguruan tinggi.

Komite Ujian terdiri dari Prof. Dr. Suharnomo, SE, M.Si (Ketua Penguji, Supervisor utama), Prof. Dr. Indira Januarti, S.E., M.Si (Sekretaris Penguji, Supervisor), Prof. Dr. Bandi, M.Si., Akt (Penguji Eksternal), Prof. Anis Chariri, SE, MCom, PhD, Ak (Penguji), Dr. Totok Dewayanto, S.E., M.Si.,Akt (Penguji) dan Dr. Dra. Zulaikha, MSi., Ak (penguji, co- Supervisor).

Ujian berlangsung selama dua jam dan promovenda mampu mempertahankan disertasinya sehingga dinyatakan lulus oleh Komite Ujian dan berhak menyandang gelar Doktor.

Program Doktor Ekonomi mengucapkan Selamat dan Semoga sukses dalam berkarya.